Ingin Menjadi Pesepakbola Professional

Bermain sepak bola tentu bisa dilakukan siapa saja, terbilang anak usia dini pun bisa melakukan olahraga yang satu ini. Hanya saja, umumnya mereka hanya sekedar bermain tanpa memperhatikan teknik dan strategi bermain yang benar. Hal inilah yang terkadang membuat banyak orang tua memasukan anak mereka ke Sekolah Sepak Bola (SSB) demi mengasah bakat si anak. Namun pertanyaannya, apakah bisa menjadi pemain sepak bola tanpa ikut SSB?
ads
Sekolah Sepak Bola atau SSB memang menjadi pilihan bagi kebanyakan orang tua dan anak yang ingin menjadi pemain sepak bola profesional. Di sekolah inilah si anak akan diajarkan teknik dasar permainan sepak bola yang benar, mulai dari teknik dasar menendang bola dalam sepak bolateknik menggiring bola dalam sepak bola.
Namun di samping harus ikut SSB. Seorang yang memiliki bakat bermain sepak bola dari lahir pun juga berkesempatan untuk bisa menjadi pemain sepak bola hebat. Terbukti, ada satu atau dua pemain kelas dunia yang berhasil masuk ke Timnas tanpa harus mengikuti SSB. Lantas, bagaimana cara menjadi pemain sepak bola tanpa ikut SSB?
  1. Niat Hati yang Kuat
Sepak bola bukan hanya sekedar menendang bola atau memasukan bola ke gawang lawan. Melainkan ada taktik dan strategi yang harus anda miliki. Di samping memperioritaskan hal tersebut. Hal pertama yang harus anda miliki untuk bisa menjadi pemain sepak bola handal hingga dilirik klub besar dunia adalah niat hati yang kuat.
Niat menjadi bekal utama untuk bisa menjadi pemain sepak bola yang hebat. Dengan niat yang kuat dan rasa cinta terhadap sepak bola yang tinggi. Orang akan melakukan apa saja demi tujuan tersebut, misalnya saja mulai dari latihan keras, banyak membaca teori bermain sepak bola yang benar hingga seringnya mengikuti berbagai turnamen sepak bola yang digelar.
  1. Bakat
Selain memperioritaskan niat dalam hati, menjadi pemain sepak bola tentu tidak bisa langsung begitu saja. Umumnya pemain-pemain besar layaknya Christiano Ronaldo pun mereka memiliki bakat bermain sepak bola yang sudah terlihat dari dini. Dimana bakat menjadi bekal kedua setelah niat dalam diri. Dengan bakat tersebut, setidaknya permainan bola bisa dilakukan dengan mudah dan tinggal mengasah dengan latihan fisik sepak bola saja.
  1. Bentuk Fisik
Dapat diketahui jika untuk bisa menjadi pemain sepak bola profesional, bentuk fisik menjadi modal yang harus dimiliki. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pemain sepak bola yang memiliki jenjang tubuh tinggi dengan berat badan ideal. Namun, hal tersebut nampaknya tidak berlaku di semua aspek permainan.
Ada sejumlah pemain dengan bentuk fisik kurang profesional mereka tetap bisa menjadi pemain hebat di lapangan hijau. Ambil contoh saja seperti Andik Firmansyah. Dimana dengan tubuhnya yang tidak terlalu tinggi, Andik Firmansyah tetap bisa menjadi pemain Timnas unggulan bahkan menjadi pemain terbaik di Timnas Indonesia.
  1. Pelajari Teknik Dasar Bermain Sepak Bola yang Benar
Jika tidak ingin ikut SSB, setidaknya anda mau mempelajari teknik dasar bermain sepak bola yang benar. Teknik bermain sepak bola bisa anda pelajari dari berbagai macam teori, mulai dari buku, browsing di internet ataupun yang lainnya.
Teknik dasar bermain sepak bola ini bisa meliputi Dribbling , Headling, Passing, Sliding Tackle, Controling, Shooting, Throwing, dan lain-lain. Dimana teknik dasar bermain sepak bola menjadi pondasi agar permainan anda terbilang benar dan cukup baik untuk menghadapi lawan. Mislanya saja seperti teknik shooting sepak bola dan teknik heading dalam sepak bola.
  1. Ketahui Peraturan Sepak Bola
Selain mempelajari teknik dasar bermain sepak bola. Untuk bisa menjadi pemain sepak bola anda juga perlu mengetahui segala peraturan tentang olahraga ini. Dimana pengetahuan mengenai peraturan sepak bola bisa anda dapatkan melalui beberapa teori di buku atau bisa juga dengan cara browsing dan sebagainya. Pelajari secara lebih detail mana yang diperbolehkan dan mana yang harus dihindari.
  1. Berlatih Secara Rutin
Untuk bisa menjadi seorang pemain sepak bola yang handal, tentu tak bisa dilakukan dengan cara yang instan. Dimana pemain-pemain hebat dunia mereka melakukan latihan sepak bola secara rutin untuk mengasah sekaligus meningkatkan kemampuan bermain sepak bola yang dimiliki. Bahkan sebagian besar waktu yang dimiliki hanya untuk berlatih dan berlatih saja.
Selain itu, berlatih sepak bola secara rutin juga bisa menghantarkan seseorang untuk bisa menjadi pemain sepak bola profesional. Mereka bisa melakukannya setidaknya 3 jam setiap hari secara rutin. Di hitung waktu tersebut bisa dilakukannya selama 10 tahun secara berturut-turut.
  1. Perhatikan Latihan Anda
Bukan hanya melakukan latihan secara rutin, latihan sepak bola juga harus anda perhatikan sebaik mungkin. Latihan fisik sepak bola bisa anda lakukan dengan hitungan waktu yang efektif dan efisien, misalnya saja seperti berikut ini:
  • Untuk menjadi pemain sepak bola, maka wajib harus bisa berlari 4 x 100 meter dalam hitungan waktu 14 – 16 detik.
  • Untuk menjadi pemain sepak bola, maka wajib harus bisa berlari 2 x 200 meter dalam hitungan waktu 30 – 40 detik.
  • Untuk menjadi pemain sepak bola, maka wajib harus bisa berlari 2 x 400 meter dalam hitungan waktu 70 – 90 detik.
  1. Mengikuti Kompetisi di Lapangan Hijau
Cara menjadi pemain sepak bola tanpa ikut SSB pun bisa anda lakukan dengan mudah. Selain melakukan cara-cara di atas, dengan seringnya mengikuti kompetisi kejuaraan sepak bola pun bisa menghantarkan anda untuk bisa menjadi pemain bola yang handal dan profesional. Umumnya, jika hanya bermain sendiri, anda tidak akan pernah mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan anda dalam bermain bola yang benar. Jadi seringlah mengikuti kompetisi-kompetisi sepak bola yang diselenggarakan. 
  1. Cari Posisi Pemain yang Pas dengan Kemampuan
Dalam permainan sepak bola terdapat beberapa posisi yang harus diisi, mulai dari kipper, back, gelandang, hingga penyerang. Tentukan posisi pemain sepakbola yang paling anda sukai terlebih dahulu. Setelah anda tertarik dengan posisi tersebut, barulah bisa meningkatkan permainan dan teknik posisi yang harus dilakukan.
  1. Miliki Taktik dan Strategi yang Bagus
Bukan hanya bermain, melainkan strategi permainan sepak bola juga harus anda kuasai. Taktik dan strategi permainan sepak bola menjadi modal berikutnya untuk bisa menjadikan anda sebagai pemain yang hebat dan handal. Dengan taktik dan starategi yang bagus anda akan lebih banyak memiliki kesempatan untuk bisa bergabung ke tim yang lebih besar.
Menjadi seorang pemain sepak bola yang hebat tentu tidak bisa dilakukan dengan cara yang instan. Dibutuhkan niat yang kuat sekaligus cara menjadi pemain sepak bola seperti yang sudah dibahas di atas. Pelajari teknik bermain sepak bola beserta cara-cara lainnya agar cita-cita untuk bisa menjadi pemain sepak bola profesional pun bisa anda gapai dengan cara yang lebih mudah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Cara Sukses Dalam Belajar"